Sundsvall Statement Sweden, Promosi Kesehatan

Konferensi internasional promosi Kesehatan yang ketiga,dilaksanakan di sundsvall,Swedia tanggal 9-15 Juni 1991. Tema konferensi yang ke 3 ini adalah menciptakan lingkungan yang mendukung ksehatan atau “supportive environment for health”. Tema ini merupakan strategi yang kedua promosi Kesehatan dan telah dirumuskan dalam piagam Ottawa (Ottawa charter)

Ada 4 kunci strategis untuk mengembangkan lingkungan yang mendukung Kesehatan :

  1. Memperkuat advokasi diseluruh lapisan masyarakat
  2. Memberdayakan masyarakat dan individu agar mampu menjaga Kesehatan dan lingkungannya melalui Pendidikan dan pemberdayaa
  3. Membangun aliansi
  4. Menjadi penengah diantara berbagai konflik kepentingan di tengah masyarakat
Periode ini promosi Kesehatan dikenal dengan istilah penyuluhan Kesehatan masyarakat dan pengembangan ksehatan masyarakat melalui posyandu,polindes dan lain lain.

Konferensi internasional yang ketiga dilaksanakan di Sundsvall,Swedia pada 9-15 Juni 1991 dengan tema “Menciptakan Lingkungan Yang Mendukung atau Supportive Environment For Health”. Tema ini adalah merupakan strategi promosi kesehtan yang telah dirumuskan dalam piagam Ottawa (Ottawa charter).

Konferensi ini di Sundsvall merupakan penjabaran yang lebih rinci tentang pengembangan lingkungan yang mendukung kesehatan titik konferensi dihadiri oleh 318 orang peserta atau perwakilan dari 81 negara,baik dari negara maju maupun negara berkembang.Hasil konferensi promosi kesehtan yang ketiga ini dirumuskan dalam pernyataan Sundsvall (Sundsvall statement)

Konferensi diselenggarakan berjarak 3 tahun setelah konferensi di Adelaide Australia,dan 5 tahun setelah konferensi pertama di Ottawa.Sesuai dengan tujuan yang disusun sejak awal perencanaan konferensi konferensi memang dimaksudkan untuk memfokuskan diri pada hal yang bersifat kegiatan “action”. Untuk itu ,peserta yang dating ke konferensi ini membawa dann meyajikan pengalaman mereka tentang upaya upaya yang sudah berhasil dijalankan berkenaan dengna “lingkungan yang mendukung Kesehatan” ada 7 isi pokok tentang lingkungan yang mendukung ini,dan  didiskusikan melalui lokakarya yaitu Pendidikan,makanan dan gizi,rumah dan lingkungan rumah tangga,pekerjaan dan tempat kerja,transportasi dan dukungan sosial.

- Model praktik promosi Kesehatan

A. Health promotion strategy analysis model (HELPAME)

Model ini berguna untuk menganlisis pengalaman dalam menciptakan lingkungan yang mendukung titik dengan menyediakan struktur analisi,HELPSAME dapat dapat dipakai sebagai alat analisi dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan mengklarifikasi strategi dan unsur unsur yang penting untuk dipakai dalam menjalankan promosi Kesehatan

B. Sundsvall Pyramid of supportive environment

Yang didasarkan pada enam topik yang didiskusikan yaitu makanan,rumah dan lingkungan tetangga,makann dan transportasi sebagai alas Piramid dan Pendidikan dan dukungan sosial sebagai dinding Piramid

C. Supportive environment action model (SESAME)

Model ini berperan dalam memfasilitasi kegiatan dan dapat dilihat sebgaai sebuah spiral. HELPSAME dan SESAME bersifat saling melengkapi tidak masing masing eksklusif dan tidak pula dapat saling menggantikan.

- Lingkungan yang mendukung Kesehatan

Konferensi Sundsvall yakin bahwa proposal untuk berperan strategi kseshatan untuk semua harus mencerminkan 2 prinsip dasar.

  • Pemerataan harus menjadi prioritas dasar dalam percepatan lingkungan yang   mendukung bagi Kesehatan dengan mengeluarkan energi dan kekuatan kreatif dan mengajak semua orang dalam upaya yang unik ini.
  • Kegiatan public untuk lingkungan yang mendukung bagi Kesehatan harus mengakui saling ketergantungan diantara semua makhluk hidup dan harus menitik laksana semua sumber daya alam dengan memperhatikan kebutuhan generasi masa depan.
J

2 komentar untuk "Sundsvall Statement Sweden, Promosi Kesehatan"

Jaey Borneo 1 Agustus 2022 pukul 10.32 Hapus Komentar
Ya semoga praktik promosi kesehatan berjalan lancar, biar pada sehat 😅👍
Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis 3 Agustus 2022 pukul 07.24 Hapus Komentar
lingkungan sehat, kitapun sehat....
👍👍👍