Pemahaman Mengenai Mikrobiologi

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui seluk beluk dari mikrobiologi ini. Mikrobiologi berasal dari kata mikro=kecil/renik , biosi=hidup dan logos = ilmu , jadi mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala makhluk hidup yang ukurannya kecil. Jasad hidup yang ukurannya kecil disebut dengan Mikroba atau MO. Namun beberapa orang juga sering menyebutnya jasad renik atau kuman.

pixabay.com

MO merupakan makhluk hidup yang berukuran kecil (mikroskopis) yang memiliki bentuk kehidupan serta karakteristik yang luas yang dapat dibedakan dari organisme lain, terutama mampu hidup diberbagai habitat atau yang sering disebut kosmopolitan.

Jasad renik atau mikroba atau MO ini, bukan hanya karena ukurannya yang kecil sehingga sukar dilihat dengn mata biasa, tetapi juga pengaturan kehidupannnya yang lebih sederhana dibandingkan dengan jasad tingkat tinggi. Ukuran dari mikroba biasanya dinyatakan dalam mikron (1 mikron=0,001 mm). Maka dari itu mata biasa tidak dapat meilhat jasad renik yang ukurannya kurang dari 0,1 mm.

Apasih keuntungan mempelajrai mikrobiologi???

Nah, keuntungan mempelajari mikrobiologi adalah kita dapat mengetahui keberadaan MO, ciri-cirinya, kekerabatannya, serta pengendalian dan peran MO.

Apakah kalian tau tentang kelompok MO???

Kelompok MO ini meliputi :

-Bakteri

-Jamur

-Alga

-Protozoa

-Mycoplasma

-Virus.

Ciri Umum Mikroba?

Jadi Mikroba atau MO berperan sebagai produsen, konsumen, maupun redusen. Pada jasad produse , MO menghasilkan bahan organik dengan energi sinar matahari.  MO yang berperan sebagai produsen antara lain algae dan bakteri fotosintetik.sedangkan  jasad konsumen bertugas  menggunakan bahan organik yang dihasilkan oleh produsen. Contoh dari jasad konsumen adalah protozoa. Dan jasad redusen bertugas menguraikan bahan organik dan sisa-sisa jasad hidup yang mati menjadi unsur-unsur kimia ( mineralisasi bahan organik) sehingga di alam terjadi siklus unsur-unsur kimia. Contoh dari jasad redusen adalah bakteri dan jamur.

Banyak mikroba yang terdiri dari satu sel saja atau sering disebut dengan uniseluler, sehingga semua tugas kehidupan dibebankan pada sel tersebut. Pada mikroba yang memiliki banyak sel atau sering disebut multi seluluer, mereka sudah mendapat pembagian tugas diantaranya sel atau kelompok selnya.

Menurut perkembangannya sel terdaoat dua tipe jasad yaitu :

-Prokariotik, jasad yang perkembangan selnya belum sempurna

-Eukariota, jasad yang perkembangan selnya telah sempurna.

Apakah ada MO yang bersifat nonseluler???!

Selain yang bersifat seluler, ada MO yang bersifat nonseluler yaitu virus. Virus ini bersifat parasit, karena berukuran super kecil atau submikroskopik dan hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. Struktur virus terdiri dari bahan genetik, virus bukan berbentuk sel, dan tidak dapat membentuk energi sendiri dan tidak dapat berkembang biak tanpa menggunakan jasad hidup lainnya.

Jika MO dapat menyebabkan penyakit patogen, maka beberapa MO patogen juga memiliki sifat Virulen (ganas) yang dapat menyebabkan penyakit pada individu sehat, walaupun dalam jumlah yang kecil. Namun, ada juga MO yang hanya dapat menyebabkan sakit pada individu yang mengalami penurunan daya tahan tubuh atau yang sering disebut dengan MO Oportunistik. MO opoertunistik bekerja disaat ada kesempatan. Bila daya tahn tubuh inang menurun maka dapat menyebabkan penyakit, hal itu disebut Flora normal tubuh manusia.

Penyakit yang disebabkan oleh MO bisa menyebabkan kerusakan jaringan tubuh, invasi atau kolonisasi MO yang patogen, dan dapat ditularkan kepada orang lain,  dikarenakan proses masuknya kuman/MO ke dalam tubuh sehingga menimbulkan kersakan atau gangguan.

Infeksi dapat dikatakan penyakit menular, jika penyakit ditularkan dari satu inang ke inang yang lainnya. Contoh :

*TBC adalah penyakit menular, karena penyakit dapat ditularkan melalui percikan ludah, yang dihasilkan saat batuk.

*Keracunan makanan oleh bakteri Staphylococcus bukan penyakit menular, karena racun (toksin) yang dihaslilkanbakteri tersebut dan berada pada makanan yang terkontaminasi, hanya mempengaruhi individu yang makan makanan tersebut.

*Cacar air juga penyakit yang sangat mudah disebarkan, dan masauk dalam kategori Penyakit Sangat Menular

Aspek umum penyakit infeksi

Aspek umum penyakit umum ada 3 antara lain ;

*Penyakit Infeksi “ENDEMIC” secara menetap terjadi dengan kadar rendah di suatu populasi yang spesifik (misalnya Endemic malaria di Papua)

*Penyakit infeksi “EPIDEMIC” jika penyakit terjadi lebih sering dibandingkan dengan kondisi biasa (miasalnya epidemic influenza pada musim dingin)

*Penyakit infeksi “PANDEMIC” jika menyebar secara luas hampir di seluruh dunia (misal = Infeksi HIV).

Tahapan riwayat penyakit infeksi akut

Pada tahapan ini, penyakit infeksi akut memiliki beberapa periode diantaranya ;

*Periode inkubasi = waktu antara masuknya MO atau toksinnya sampai timbulnya simptom/gejala (hal ini dapat berlangsung dari beberapa jam sampai beberapa minggu)

*Periode Prodromal =  individu mengalami simptom yang non spesifik seperti demam, malaise dan hilangnya nafsu makan

*Periode sakit spesifik akut/ klinis = gejala dan tanda penyakit yang karakteristik/khas terlihat nyata pada periode ini

*periode penyembuhan = sakit berangsur angsur hilang dan pasien kembali sehat pada fase akhir tahap ini, kecacatan, kematian

Evaluasi

MO merupakan makhluk hidup yang berukuran kecil (mikroskopis) yang memiliki bentuk kehidupan serta karakteristik yang luas yang dapat dibedakan dari organisme lain, terutama mampu hidup diberbagai habitat atau yang sering disebut kosmopolitan. Penyakit yang disebabkan oleh MO bisa menyebabkan kerusakan jaringan tubuh, invasi atau kolonisasi MO yang patogen, dan dapat ditularkan kepada orang lain,  dikarenakan proses masuknya kuman/MO ke dalam tubuh sehingga menimbulkan kerusakan atau gangguan.

Nah itulah pembahasan mengenai Pemahaman Mengenai Mikrobiologi, semoga bermanfaat see u next time.

Posting Komentar untuk "Pemahaman Mengenai Mikrobiologi"