7 Manfaat Zaitun (Olea Europaea) Holistick

Hallo sahabat sehat, kali ini mimin akan spill tentang tanaman yang dijuluki dengan nama tanaman 1001 manfaat lho. Yuk simak artikel kali ini dengan baik.

Zaitun adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudaanya dapat dimakan mentah atau sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun, dipergunakan berbagai macam keperluan. Banyak manfaat dari buah zaitun ini, sering kali orang-orang menyebutnya pohon 1001 manfaat. Selain buahnya yang enak, kayu dari pohon zaitun juga sangat bagus, keras dan indah. Selain untuk dimakan buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan. Sayang sekali buah zaitun masih jarang bisa ditemui dipasaran di Indonesia. Karena umumnya buah ini tumbuh di wilayah negara Mediterania. Akan tetapi perasan dari buah zaitun yang sudah tua dan berupa minyak ini akan mudah kita temukan di Indonesia. Biasanya dinamakan minyak zaitun atau olive oil yang manfaatnya sama besar dengan buahnya.

Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan :

-*Menghentikan rasa nyeri

Kandungan oleokantal dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun dapat digunakan untuk obat oles luka lecet, luka sobek, dan gangguan yang beresiko menimbulkan radang, bengkak, dan nyeri.

-*Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan antioksidan nabatinya sangat tinggi sehingga akan menurunkan resiko penyakit jantung. Cukup dengan minuet 2 sendok setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung.

-*Mencegah pikun

Kandungan asam lemak tak jenuh dalam minyak zaitun berfungsi untuk menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan.

-*Mencegah osteoporosis

Minyak zaitun membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk mencegah pengroposan tulang.

Selain untuk kesehatan, minyak zaitun banyak manfaatnya juga untuk perawatan kecantikan. Diantaranya :

_*Sebagai pelembab wajah

Caranya oleskan pada wajah sembari dipijat selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

-*Scrub alami untuk kulit tubuh

Caranya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan garam kasar secukupnua, sebagai pengganti lulur.

-*Untuk perawatan kaki

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke telapak kaki dan sekitar pergelangan kaki. Bungkus dengan kaus kaki dan kenakan selama tidur pada malam hari. Kemudian bersihkan dipagi harinya. Bisabdilakukan pada tangan. Lakukan secara rutin selama satu bulan untuk hasil yang maksimal.

Jadi itulah manfaat dan kandungan dari minyak zaitun. Ternyata tanaman ini kecil-kecil cabe rawit bukan??!. Tanaman kaya akan manfaat, dan baik untuk tubuh. Jangan lupa dicoba ya sahabat. Tetap pantengin artikel terbaru dari Holisfons.com, untuk tau lebih lanjut seputar kesehatan. See you JJJ

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Zaitun (Olea Europaea) Holistick"