Khasiat dan Kandungan Bunga Asoka (Sarca Indica)

Hallo sahabat Holisfons, kali ini mimin akan spill tanaman yang sering kita jumpai dan tak asing bagi kita yang tinggal di dataran rendah. Apa ya kira-kira??? Yups bener banget, kali ini  mimin akan jabarin tentang tanaman asoka atau yang sering kita sebut dengan bunga soka, asokada, asoka, asupala, dan lain-lain. Disini mimin akan kupas tuntang mengenai tanaman ini mulai dari nama ilmiah sampai ke manfaat dan juga cara pengobatannya.

pixabay.com

Apa itu bunga asoka????

Bunga asoka ini memiliki beberapa nama lain seperti : bunga soka,pohon soka, anganapriya, asogam, asokada, ashopalava, asok, asoka, asupala, gandapuspha, kankelli, kenkalimara, vichitrah dan thawgabo.

Nama ilmiah: Saraca asoca

Family: Fabaceae

Kingdom: Plantae

Order: Fabales

Status konservasi: Rentan Encyclopedia of Life

Klasifikasi lebih tinggi: Saraca

Tingkatan takson: Spesies

Selain menjadi tanaman hias yang indah,bunga asoka juga dipercaya sebagai tanaman obat herbal, karena bunga asoka mengandung hematoksilin. Bagian yang biasanya dimanfaatkan adalah pada bagian kulit dan bunga. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kulit kayu kering dari tanaman asoka yang sudah di harus kan mengandung cukup banyak tanin dan zat organik yang mengandung besi.

pixabay.com

Lalu, apa sih khasiat dari tanaman asoka ini ????

Khasiat bunga asoka untuk kesehatan sebagai berikut :

  • -*bunga asoka yang sudah ditumbuk halus dan dicampur dengan air memiliki khasiat untuk mengobati disentri hemoragik .
  • -*bunga asoka berkhasiat untuk mengatasi haid yang tidak teratur ,dengan meminum air rebusan dari bunga asoka yang dicampur dengan bunga mawar dan daging lidah buaya.
  • -*bunga asoka berkhasiat untuk mengobati kram betis , dengan meminum air rebusan dari bunga asoka yang dicampur dengan bunga mawar dan sembung segar.
  • -*bunga asoka dapat mengobati luka memar ,dengan air rebusan dari bunga asoka yang ditambah bunga mawar kering dan umbi daun dewa

Selain itu bunga asoka juga memiliki khasiat untuk mengatasi dan menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kimia yang terdapat pada bunga asoka ini adalah saponin, flavonoid, dan tanin. Bunga asoka memiliki rasa yang manis dan menyejukan.

Jadi itulah khasiat dan kandungandari pohon asoka. Jika anda ingin membeli produk yang instan, anda bisa menghubungi kontak yang tersedia lebih lanjut.

1 komentar untuk "Khasiat dan Kandungan Bunga Asoka (Sarca Indica)"

riskacahya/smkTBIkes. 15 Juli 2022 pukul 16.49 Hapus Komentar
Terima kasih informasinya min.