Dimensi Aksi Untuk Menciptakan Lingkungan Yang Mendukung Kesehatan (sundsvall)

Dalam konteks kesehatan lingkungan yang mendukung aspek fisik,sosial dan budaya dimana masyarakat tinggal. Beraktivitas,serta dengan siapa aja mereka berinteraksi titik oleh karena itu konsep lingkungan  tidak dapat dipisahkan dari besarnya akses terhadap sumber data dan daya dukung yang memadai untuk kehidupannya,dan seberapa besar peluang bagi masyarakat untuk diberdayakan.

pixabay.com

Dengan demikian dalam menciptakan lingkungan yang mendukung setidaknya terdapat beberapa dimensi yaitu melakukan perubahan fisik perubahan sosial meningkatkan aspek spiritual serta mendorong peningkatan kualitas ekonomi dan politik.Semua dimensi saling terkait membentuk interaksi yang dinamis.

Oleh sebab itu, pemerintah dan masyarakat diberbagai negara perlu mencermati terjadinya perubahan,sekaligus melakukan berbagai tindakan proaktif dan antisipasif yang cerdas serta empatik titik berbagai aksi perlu dirancang dengan cermat dan koordinasi pada tingkat local,regional,nasional dan tingkat global harus dilakukan agar solusi yang diperoleh tepat dan sejalan dengan prinsip prinsip pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development).

Konferensi ini mengupas 4 dimensi dalam lingkungan yang mendukung kesehatan yaitu :

-* Dimensi sosial budaya

Dimensi sosial meliputi nilai dan norma adat kebiasaan serta proses proses sosial dimasyarakat yang mempengaruhi kesehatan titik dalam masyarakat tradisional berbagai praktik sosial budaya dapat mengancam terhadap Kesehatan misalnya kebiasaan bergotong royong masyarakat.

-* Dimensi politik

Sejalan dengan tumbuh kembangnya demokrasi,terjadi pergeseran perspektif hubungan antara pemerintah dan rakyatnya dari suatu keadaan kewenangan mutlak pemerintah tas rakyatnya (the state society) menjadi partisipasi rakyat dalam mengelola negara (evil society) Untuk itu pemerintah harus menjamin peran serta masyarakat dalam mengambil keputusan,menumbuhkan tanggung jawabnya sekaligus mendesentralisasikan sumber daya yang diperlukan dalam pembangunan.

-* Dimensi ekonomi

Ekonomi adalah determinan utama Kesehatan,untuk menjamin tercapainya Kesehatan untuk semua dan pembangunan berkelanjutn diperlukan peningkatan dan redistribusi ekonomi,termasuk di dalamnya penggunaan teknologi yang aman dan terpercaya

-* Dimensi gender

Sejalan dengan terjadinya perkembangan peradaban,berbagai pihak perlu melihat secara lebih berimbang tentang persoalan gender.Berbagai peran dalam pembangunan seharusnya terbebaskan dari diskriminasi gender. Perempuan mempunyai kemampuan yang tidak kalah dari laki-laki.

Untuk mewujudkan lingkungan yang mendukung kesehatan, konfensi sundsvall merumuskan pelaksanaan promosi kesehatan yang berdasarkan dua prinsip utama yakni ekuitas (pemerataan) dan keseimbangan ekologis dan sustanainabilitas.

Nah, itulah bahasan mengenai dimensi aksi untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya, terutama untuk penulis. thanks for all, see u again with me holisfons.com

2 komentar untuk "Dimensi Aksi Untuk Menciptakan Lingkungan Yang Mendukung Kesehatan (sundsvall)"

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis 4 Agustus 2022 pukul 22.37 Hapus Komentar
oh, begitu ya?
informatif dan bermanfaat......
Yonal Regen 6 Agustus 2022 pukul 10.42 Hapus Komentar
Berada dalam lingkungan yang mendukung kesehatan kita pastinya akan membuat kita semakin nyaman dan betah.
Butuh kerja sama yang komprehensif dari berbagai lapisan masyarakat untuk menciptakan lingkungan nyaman dan juga sehat