Perkenalan Holistic Begitupun Penerapanya

Hallo sahabat sehat. Mungkin kalian tidak asing lagi dengan kata Holistick akhir-akhir ini. Mengubah perilaku saat ini memang dapat mempengaruhi kesehatan anda hingga di usia 70 tahun, agar selalu nampak sehat dan bugar. Tentunya harus diimbangi dengan penerapan hidup sehat diantaranya Bio, Psiko,dan Sosial. Keputusan yang anda buat hari ini untuk menerapkan hidup secara sehat holistik merupakan langkah yang benar.

Sumber Gambar pixabay.com

Nah guys, sebenarnya apa itu holistik ?

Mengapa akhir-akhir ini sering menjadi perbincangan panas untuk mendapatkan hidup yang lebih baik?

Simak terus artikel ini sampai selesai!!!

Apa itu Holistic???

Holistic care sendiri merupakan Pelayanan kesehatan dengan lebih memperhatikan keutuhan aspek kehidupan sebagai manusia yang meliputi kehidupan jasmani, mental, social, spiritual yang saling mempengaruhi.

Holistic memiliki arti ’menyeluruh’ yang terdiri dari kata holy and healthy. Pandangan holistik bermakna membangun manusia yang utuh dan sehat, dan seimbang terkait dengan seluruh aspek dalam pembelajaran; seperti spiritual, moral, imajinasi ,intelektual, budaya, estetika, emosi, dan fisik.

Pengobatan Holistic adalah, Pengobatan dengan menggunakan Konsep Menyeluruh,yaitu keterpaduan antara Jiwa dan raga, dengan method Alamiah yang ilmiah, serta ilahia yang mana Tubuh manusia merupakan keterpaduan system yang sangat Kompleks, dan saling berinteraksi satu sama lainnya dengan sangat kompak dan otomatis terganggunya satu fungsi/ elemen / unsure tubuh manusia dapat mempengaruhi fungsi yang lainnya.

Sejarah Holistik Care???

Sejarawan belum bisa memastikan dari bangsa manakah pertama kali ia dipraktekkan. Kebanyakan sejarawan percaya bahwa penyembuhan holistik dimulai di India dan atau Cina.

Para praktisi holistik mempraktekkan prinsip hidup sehat lewat menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan roh untuk menyatu atau harmonis dengan alam.

Contoh praktis holistik adalah Socrates, yang hidup 4 abad sebelum kelahiran Kristus. Ia menganut pandangan ini dan mengajarkan bahwa kita harus memandang tubuh sebagai keseluruhan, bukannya bagian yang terpisah.

Macam-macam Holistik ???

-* Holistik Tradisional.

Suatu teknik penyembuhan yang memanfaatkan alam dengan prinsip holisme,berawal sejak ribuan tahun lalu. Biasa disebut sebagai penyembuhan/pengobatan alternatif atau pengobatan tradisional. Yang termasuk holistik tradisional adalah akupuntur, akupresur, herbal, ayurveda, uropathy, pranic healing, apitherapy, dan lain-lain. Gelar para praktisinya bermacam-macam. Ada yang disebut sebagai tabib, sin- se,dukun, dan lain-lain.

-* Holistik Modern.

Suatu teknik penyembuhan yang menggabungkan penyembuhan tradisional/kuno dengan teknologi dan sains modern yang memanfaatkan alam dengan prinsip holisme. Holistic modern berawal sekitar 200 tahun yang lalu dengan adanya homeopathy. Yang termasuk holistik modern adalah homeopathy, osteopathy, ananopathy, psikologi hipnotis, naturopathy modern, dan sebagainya.

-* Holistik Moderen Antophaty

Ananopathy adalah gabungan teknik pengobatan alternatif tradisional/kuno dengan teknologi dan sains modern, dimana tujuannya adalah menyembuhkan, bukan sekedar merawat. Pengobatan Ananopathy fokus pada akar penyakit, bukan pada gejala; merawat manusia secara keseluruhan (whole), bukan pada apa yang tampak saja. Tehnik yang digunakan adalah dengan menggunakan Hukum Alam, Hukum Sebab- Akibat, perbaikan pola makan dan gaya hidup, penggunaan bahan-bahan alami, yang diterapkan dengan basis alam dan sains modern.

Ananopathy memiliki keunikan tersendiri dibandingkan aliran pengobatan lainnya, baik konvensional maupun alternatif seperti misalnya:

-* Mengobati dengan camilan.

-* Lebih terupdate daripada sekolah kedokteran.

-* Kontroversial.

Lebih dari back to nature (kembali ke alam), yaitu back to God's design (kembali ke rancangan Tuhan). Kebanyakan aliran pengobatan alternatif itu berdasarkan kembali ke alam, bukan ke rancangan Tuhan, sehingga beberapa ajarannya jadi kurang tepat. Jika kita belajar dari Tuhan yang menciptakan alam itu sendiri, maka sains atau ilmu kita akan lebih tepat dan maju.

-* Keep it simple (menyederhanakan yang rumit).

Ananopathy berusaha menyederhanakan metode pengobatan yang rumit, dan tidak merumitkan metode pengobatan yang sederhana. Contoh: mengobati dengan camilan, makanan dan minuman, ketimbang obat kimia yang pahit serta operasi yang mahal dan ribet.

-* Fleksibel, tidak mengharamkan kimia dan operasi.

Kebanyakan aliran pengobatan alternatif itu mengharamkan kimia dan operasi, padahal itu adalah pemikiran yang salah dan tidak holistik. Yang 'diharamkan' oleh ananopathy adalah PENYALAHGUNAAN obat kimia dan operasi, bukan penggunaannya. Jika situasi tertentu tidak membutuhkan kimia, kami tidak akan memakai kimia. Jika situasi tertentu memang butuh kimia, maka kami memakai kimia. Begitu juga dengan operasi.

-* Pemikiran yang holistik.

Ananopathy selalu menekankan untuk berpikir secara holistik yang menyeluruh, apa adanya, tidak terikat dan tidak terkotak.

-* Tidak memusuhi dokter konvensional.

Ada beberapa aliran pengobatan yang memusuhi dokter, tapi ananopathy tidak mengajarkan demikian. Ananopathy hanya melawan ajaran-ajaran dan sistem kedokteran yang salah, bukan dokternya. Sedangkan ajaran yang sudah benar, ananopathy tidak menentang dan tidak menyalahkannya, karena tidak membawa kerugian atau malapetaka.

Penerapan Holistik Care ???

Pengobatan Holistic adalah Pengobatan dengan menggunakan Konsep Menyeluruh, yaitu keterpaduan antara Jiwa dan raga, dengan methode Alamiah yang ilmiah, serta ilahiah yang mana Tubuh manusia merupakan keterpaduan system yang sangat Kompleks, dan saling berinteraksi satu sama lainnya dengan sangat kompak dan otomatis terganggunya satu fungsi/ elemen / unsur tubuh manusia dapat mempengaruhi fungsi yang lainnya.

Pengobatan Holistic terpadu, memiliki perbedaan konsep yang sangat nyata dengan Konsep Kedokteran (Konvensional).

Konsep Konvensional lebih lebih menekankan kepada tindakan seperti pemberian obat-obat kimiawi, dan tindakan rekayasa fisik dengan pembedahan/ operasi, dll, sementara pengobatan holistic lebih menekankan membangkitkan system imun pasien, dan memperbaiki secara menyeluruh dari factor pencetus penyakit (akar permasalahan penyakit), sehingga definisi kesembuhan cenderung Permanen (tidak kambuh lagi), sedangkan yang konnvensional pada umumnya bersifat tindakan sementara.

Sumber : Ahli Madya Jamu

Nah guys, semoga informasi tentang holistick diatas dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Temukan artikel lain mengenai kesehatan di holisfons.com

Sampai jumpa di artikel selanjutnya J

 

9 komentar untuk "Perkenalan Holistic Begitupun Penerapanya"

dear anies 30 Oktober 2023 pukul 10.48 Hapus Komentar
terima kasih berkongsi ilmu baru👍👍👍
dear anies 30 Oktober 2023 pukul 10.50 Hapus Komentar
p/s boleh saya tahu, kalau di indonesia itu, 'nurse' dipanggil apa ya?
Anonim 7 November 2023 pukul 14.21 Hapus Komentar
perawat kak
celotehnur54 8 November 2023 pukul 21.28 Hapus Komentar
"Keterpaduan antara jiwa dan raga?" Mungkin mirip meditasi ya, Mas.
Anonim 10 November 2023 pukul 11.18 Hapus Komentar
bisa dikatakan demikian teh
Adi 12 November 2023 pukul 17.02 Hapus Komentar
Jadi dapat knowledge baru yang bermanfaat. Terima kasih atas artikelnya.
dear anies 13 November 2023 pukul 15.10 Hapus Komentar
terima kasih👍
Agus Warteg 19 November 2023 pukul 14.23 Hapus Komentar
Oh ternyata sejarah holistik sudah lama banget ya, sejak zaman Socrates 4 abad sebelum Masehi.

dear anies 28 November 2023 pukul 22.04 Hapus Komentar
first time dengar ananopathy... terus saya cari maksudnya😀