Widget HTML #1

5 Manfaat dan Kandungan Mentimun Dunia Holistick

Sebagian besar dari kita mungkin sering mengonsumsi buah mentimun atau ketimun. Buah yang dalam bahasa latin Cucumis sativus ini sering kita jumpai dalam setiap hidangan ,terutama lalapan ,salad,atau acar. Mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga berfungsi menyejukkan . Potongan buah ketimun juga kerap digunakan untuk membantu melembapkan wajah serta dipercaaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

Pixabay.com

Namun ,untuk mengetahui lebih lanjut mengenai nutrisi dan manfaat kesehatan yang terdapat dalam mentimun ,mari kita jelajahi area kesehatan apa saja yang didapat dari mengkonsumsi buah yang termasuk suku labu- labuan ini (timun).

-* Untuk perawatan kulit

Mentimun memiliki sifat diuretik ,efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit . Kandungan airyang tinggi ; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkat kat. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan  tingkat retensi air ,yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

-*Mengatasi Masalah pencernaan

Masalah pencernaan seperti maag, gastritis (lambung), keasaman, dan bahkan tukaak, dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga meningkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengkosumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

-*Mengatasi encok dan rematik

Jus mentimun diperkayaa kandungan vitamin A<B1,B6,C dan D serta folat, magnesium, dan kalsium. Jadi ketika dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yng mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

-*Mengobati sakit gigi dan gusi

Sakit gigi merupakan Penyakit mulut pada gigi dan gusi, khusunya pyorrhea, dapat diobati secara efektif dengan jus mentimun. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa didalam rongga mulut.

-*Membantu dalam Perawatan ginjal

Mentimun menunjukkann manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam mentimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Faktanya, mentimun merupakan diuretik alami terbaik.

Nah, itulah 5 manfaat mentimun, banyak banget kan,,, jadi jangan lupa dicoba ya sahabat. Tetap pantengin artikel terbaru dari Holisfons.com, untuk tau lebih lanjut seputar kesehatan. See you JJJ.

2 komentar untuk "5 Manfaat dan Kandungan Mentimun Dunia Holistick"

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis 21 Juli 2022 pukul 02.15 Hapus Komentar
mentimun diantara penyedap makan...
baru tahu, kalau banyak manfaatnya....

Thanks for sharing
Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis 3 Agustus 2022 pukul 07.28 Hapus Komentar
👍👍👍