Sariawan Tidak Kunjung Sembuh Kenali Jenis dan Obatnya

Luka pada mulut yang di tandai dengan warna putih yang berbentuk oval bulat atau titik, dan di sertai warna merah pada bagian tepinya merupakan salah satu bentuk jenis sariawan, beberapa jenis sariawan dapat dengan mudah di obati namun ada juga yang amat sulit di karenakan virus lain yang menjadikan tumbuhnya sel kanker, begitu tidak dapat di sepelakan bukan ?, mari kenali jenis – jenisnya dan juga bagaimana cara mengobati dan mencegahnya agar terhindar dari yang namanya sariawan.

Apa itu sariawan ?

Sariawan merupakan suatu luka kecil yang dangkal pada mulut atau didasar gusi, biasanya berwarna putih dan merah pada bagian tepinya yang berbeda dari warna area disekitar mulut dan gusi, dengan disertai gejala utama yaitu rasa nyeri yang amat sangat terlebih menyulitkan untuk makan, minum apalagi berbicara.

Sariawan terkadang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa diobati namun ada pula yang sampai berhari-hari tidak kunjung sembuh, tergantung daya tahan tubuh atau imunitas tubuh selain itu biasanya karena memang jenis sariawan tertentu, ada beberapa jenis sariawan berikut dibawah ini ulasanya.

Jenis – Jenis Sariawan

Penyebab sariawan yang paling umum adalah karena adanya peradangan pada mulut, tidak hanya itu saja, sebab lain lain dari sariawan yakni bisa saja karen virus tertentu, infeksi virus tertentu, bakteri, jamur, atau luka yang di akibatkan karena gigitan, nah dari beberapa sebab tersebut, di golongkan pada jenis sariawan, di anataranya sebagai berikut :

-* Moniliasis atau Oral Trush

Jenis jamur yang kerap muncul pada organ intim, tidak jarang juga muncul pada mulut, jenis jamur apa itu ? iya betul, jamur candida albicans, jenis jamur ini menginfeksi pada bagian area lidah dan pipi bagian dalam mulut, yang memiliki ciri kulit dalam mulut mengalami abnormal yang di tandai dengan warna putih krem, di sertai dengan rasa sakit, hal ini bisa bertambah buruk bila tidak segera di tangani dan di obati, yakni kondisi buruknya dapat menyebar ke area mulut, tidak hanya pada gusi, melainkan langit – langit mulut, amandel, esofagus dan bawah kerongkongan.

-* Stomatitis Aphthous

Peradangan pada mulut atau di sebut juga ulkus aphthous yang di tandai dengan gejala badan terasa panas dingin karena efek dari luka, yang biasanya berada pada pipi bagian dalam, lidah, ataupun bibir, pada jenis ini luka yang di akibatkan peradangan tersebut memiliki ciri warna pucat atau kuning dengan di sertai warna merah pada bagian tepi atau pinggiran luar luka.

-* Sariawan Iritasi

Rusaknya selaput lendir pada mulut, di karenakan suatu iritasi yang di picu dari gigitan atau sebab benturan, misal seperti jatuh terpeleset tidak sengaja gigi menggigit bibir bagian dalam, atau lidah tergigit ketika makan, nah memang seperti Namanya yakni sariawan iritasi yang di karenakan iritasi dari sebuah sebab yakni seperti di atas tersebut.

-* Stomatitis Cold Sore

Betul sekali kalo sariawan jenis ini di sebabkan karena virus herpes, di tandai dengan kesemutan, rasa nyeri dan di sertai seperti terbakar,cirinya yakni sariawan berkelompok banyak pada mulut.

Dari keempat jenis sariawan tersebut, dapat di hindari dan di cegah dengan cara selalu membersihkan gigi setiap hari, berkumur dengan air garam, bersiwak, memperbanyak makanan yang mengandung vitamin C, vit B12, dan menghindari makanan yang tidak sehat seperti junk food atau makanan yang mengandung banyak kolesterol tinggi, terlebih menjaga kebutuhan mineral tubuh sebaiknya 1,5 lt/hari minum air putih.

Kalo sudah terkena sariawan sebaiknya segera di obati jangan di biarkan terlarut lama, banyak variasi obat yang di sediakan di dunia kesehatan seperti maswe, cooling 5 plus orange, gom, cheng sie lung hau fung, new hau fung san, bio nerve ndr, gotik atau good antiseptic, minosep, kandistatin, watermelon frost, aloclair plus gel, enkasari herbal syrup, kuldon, mix saga, getrovec spray, Kenalog in orabse, taisho, pat po hau fung san, dan masih banyak jenis obat lainya. atau bisa dengan menggunakan pengobatan bahan herbal seperti disini.

Itulah artikel mengenai Sariawan Tidak Kunjung Sembuh Kenali Jenis dan Obatnya, dengan di ketahuinya jenis, ciri dan gejala khusus tersebut, pengobatan dan penanganan sariawan dapat di ketahui dengan obat khusus dan tentunya tepat pada setiap jenisnya. Salam sehat selalu dari kami Holisfons.com, see u next time !

5 komentar untuk "Sariawan Tidak Kunjung Sembuh Kenali Jenis dan Obatnya"

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis 20 Juli 2022 pukul 18.49 Hapus Komentar
bermanfaat...
Thank you for sharing
Jaey Borneo 23 Juli 2022 pukul 06.23 Hapus Komentar
Aku pernah tuh tanpa sengaja tergigit gusi, sakitnya sampai tak bisa buka mulut, rasa ngilunya di gigi, mungkin sakit gigi plus sariawan, 3 hari cuma bisa makan bubur, bahkan mengigit putih telur saja tak kuat, ngeri 🤣
Yonal Regen 25 Juli 2022 pukul 15.05 Hapus Komentar
Saya kalau keseringan minum air panas, auto jadi sariawan nih mulut. Ga kuat kayanya dengan panasnya air
Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis 26 Juli 2022 pukul 21.41 Hapus Komentar
👍👍👍
Adi 5 September 2022 pukul 19.45 Hapus Komentar
Percaya atau tidak, saya sering sariawan karena iritasi. Mungkin sering kegigit. Artikel yang sangat bermanfaat.