Aktivitas Fisik sebagai Salah Satu Kunci Mencegah Diabetes

Bicara mengenai penyakit diabetes yang merupakan penyakit mematikan nomor 3 di Indonesia, tidak bisa dianggap remeh dan sepele, karena pentingnya untuk menjaga kadar gula dalam tubuh yang sesuai dengan standar normal yang dibutuhkan tubuh yakni berkisar antara 70-130 miligram/desiliter agar tidak terkena penyakit diabetes melitus.

Diabetes mellitus merupakan salah satu masalah kesehatan global yang terus meningkat prevalensinya. Namun, kehidupan aktif dan bergerak dapat menjadi kunci dalam mencegah diabetes meletus. Aktivitas fisik bukan hanya cara untuk menjaga berat badan, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap sensitivitas insulin dan metabolisme glukosa. Artikel ini akan membahas berbagai jenis aktivitas fisik yang dapat membantu mencegah diabetes, serta manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

1. Jenis Aktivitas Fisik yang Membantu Mencegah Diabetes:

a. Aerobik:

Aktivitas aerobik seperti berjalan cepat, berlari, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan denyut jantung dan pernapasan. Ini membantu meningkatkan metabolisme dan mengontrol kadar gula darah.

b. Latihan Kekuatan (Resistance Training):

Latihan kekuatan seperti angkat beban dapat membantu meningkatkan massa otot dan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin. Ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

c. Latihan Fleksibilitas (Stretching):

Latihan peregangan membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi. Ini dapat membantu mencegah cedera dan meningkatkan keseimbangan, yang penting untuk orang dengan risiko diabetes.

d. Latihan Keseimbangan:

Aktivitas seperti yoga atau latihan keseimbangan dapat membantu meningkatkan kesadaran tubuh dan keseimbangan. Ini dapat membantu mencegah jatuh, yang sering menjadi risiko kesehatan bagi orang dengan diabetes.

2. Manfaat Aktivitas Fisik dalam Mencegah Diabetes:

a. Peningkatan Sensitivitas Insulin:

Aktivitas fisik secara signifikan meningkatkan sensitivitas insulin, memungkinkan tubuh untuk menggunakan gula darah dengan lebih efisien.

b. Pengendalian Berat Badan:

Aktivitas fisik membantu membakar kalori dan mempertahankan berat badan yang sehat. Kegemukan adalah faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2.

c. Pengurangan Resiko Resistensi Insulin:

Latihan fisik membantu mengurangi resistensi insulin, yang sering terkait dengan pengembangan diabetes tipe 2.

d. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah:

Aktivitas fisik teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, yang keduanya berkontribusi pada risiko diabetes.

3. Tips untuk Memulai dan Mempertahankan Gaya Hidup Aktif:

a. Mulailah dengan Aktivitas Ringan:

Jika Anda tidak aktif secara fisik, mulailah dengan aktivitas ringan dan tingkatkan intensitasnya seiring waktu. Seperti halnya menyapu, mengepel, atau mencuci baju dan sebagainya.

b. Jadwalkan Waktu untuk Aktivitas Fisik:

Jadwalkan waktu untuk olahraga dalam rutinitas harian Anda. Ini dapat membantu Anda membuat kebiasaan yang sehat. Seperti menjadwalkan hari libur dan hari bekerja, begitupun juga hari dimana untuk merefresh healing bersama keluarga atau hangout bersama teman, sahabat, kerabat dkk.

c. Temukan Aktivitas yang Anda Nikmati:

Pilih aktivitas fisik yang Anda nikmati agar Anda lebih cenderung mempertahankannya dalam jangka panjang, seperti olahraga badminton, sepakbola, tennis dan lain sebagainya.

d. Konsultasikan dengan Profesional Kesehatan:

Sebelum memulai program latihan baru, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk memastikan bahwa aktivitas tersebut aman untuk Anda.

Aktivitas fisik yang teratur dan beragam dapat berperan besar dalam mencegah diabetes mellitus. Dengan memilih jenis aktivitas yang sesuai dengan preferensi dan kondisi tubuh, serta memahami manfaatnya, kita dapat membentuk gaya hidup yang mendukung kesehatan tubuh dan mencegah diabetes meletus. Selain itu, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk perencanaan yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan individu.

Itulah artikel Aktivitas Fisik sebagai Salah Satu Kunci Mencegah Diabetes, yang tentunya kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan sesekali saja, namun harus konsisten dan sesuai dengan arahan-arahan yang dianjurkan. Semoga artikel tersebut bermanfaat, salam dari kami holisfons.com. see u next time.

Posting Komentar untuk "Aktivitas Fisik sebagai Salah Satu Kunci Mencegah Diabetes"