Widget HTML #1

Cara Mengatasi Penyakit Maag (Tukak Lambung)

Tidak diketahui secara pasti seberapa umum penyakitt maagh. Mereka telah menjadi jauh lebih jarang sejak tahun 1980-an sebab perawatan yang jauh lebih efektif. Jadi penderita sakit magh sekarang biasanya sembuh lebih cepat.
pixabay.com

Istilah 'tukak lambungg' digunakan untuk menggambarkan bisul yang disebabkan oleh terlalu banyak asam di lambung. Ini termasuk sakit maagh dan juga borok di bagian pertama usus (usus kecil) yang dikenal sebagai duodenum. tukak lambung lebih jarang terjadi daripada tukak duodenum.

Gejala Maagh

gejala utama yang ditimbulkan oleh penyakitt maagh adalah adannya rasa nyeri pada perut bagian atas (abdomen). gejala lain mungkin termasuk:
kembung. Ini berarti perut kamu membengkak sebab perut kamu penuh dengan gas atau udara.

muntah. Juga dikenal sebagai 'naik-turun'. Ini berarti terdengar dan tampak seolah-olah kamu akan sakit (muntah) tetapi tidak benar-benar muntah.
  • Merasa sakit (mual).
  • Muntah.
  • Merasa sangat 'penuh' setelah makan.

Apa saja gejalah komplikasi?

Sakit maagh dapat sebab berbagai komplikasi tetapi ini jauh lebih jarang terjadi sekarang sebab perawatan yang lebih efektif. akan tetapi, komplikasi bisa sangat serius dan fatal akibat dari salah hal berikut :

Pendarahan dari maagh

Ini dapat berkisar dari 'menetes' hingga pendarahan yang mengancam jiwa.
Jika terjadi pendarahan hebat yang tiba-tiba maka ini akan sebab kamu muntah darah (ini disebut hematemesis) dan membuat kamu merasa sangat pingsan.

Pendarahan yang tidak terlalu tiba-tiba dapat sebab kamu muntah dan muntahan terlihat berwarna kopi sebab asam lambung telah memecah sebagian darah.

Tetesan darah yang lebih bertahap akan melewati usus kamu (usus besar) dann sebab tinja kamu (tinja) terlihat sangat gelap warnanya atau bahkan hitam (ini disebut melena).

Perforasi

Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ulkus yang telah menembus (melubangi) dinding lambung. Makanan dan asam di lambung kemudian bocor keluar dari lambung. Ini biasanya sebab rasa sakit yang parah dan membuat kamu sangat tidak sehat. Perforasi perut adalah keadaan darurat medis dan membutuhkan perawatan di rumah sakit sesegera mungkin.

Penyumbatan perut

Ini sekarang langka. Ulkus di ujung lambungg dapat sebab saluran keluar lambungg (bagian lambungg yang masuk ke duodenum) menyempit dann sebab penyumbatan. Hal ini dapat sebab sering muntah parah.

Pengobatan maagh Secara umum

Tindakan gaya hidup dapat memperbaiki gejala, seperti:
  1. Menurunkan berat badan jika kamu berlebihan berat badan.
  2. Hindari makanan pemicu, seperti kopi, coklat, tomat, makanan berlemak atau makanan pedas.
  3. Makanlah dalam porsi kecil dann makan malam kamu 3-4 jam sebelum tidur.
  4. Berhenti merokok.
  5. Kurangi konsumsi alkohol hingga batas yang direkomendasikan.

Obat penekan asamn

Sebuah kursus 4 sampai 8 minggu obat yang sangat mengurangi jumlah asamn yang membuat perutt kamu biasanya disarankan. Lihat selebaran terpisah yang disebut Pengobatan Gangguan Pencernaan untuk informasi lebih lanjut.

Jika maagh kamu disebabkan oleh Helicobacter pylori (H. pylori)

Kebanyakan tukak lambung disebabkan oleh infeksih H. pylori. Oleh sebab itu, bagian utama dari pengobatan adalah untuk membersihkan infeksih ini. Jika infeksih ini tidak dibersihkan, maagh kemungkinan akan kembali setelah kamu berhenti minum obat penekan asam. agar informasi lebih lanjut, lihat selebaran terpisah yang disebut Helicobacter Pylori.
Jika maagh kamu disebabkan oleh obat antiinflamasi
Jika memungkinkan, kamu harus berhenti minum obat anti inflamasi. Ini memungkinkan tukak sembuh. kamu juga biasanya akan diberi resep obat penekan asamn selama beberapa minggu. 

Ini menghentikan lambung dari membuat asamn dann memungkinkan tukakk sembuh. akan tetapi, dalam banyakk kasus, obat antiinflamasi diperlukan untuk meredakan gejalah radanng sendi atau kondisi menyakitkan lainnya, atau aspirin diperlukan untuk melindungi dari pembekuan darah. Dalam situasi ini, satu pilihan adalah minum obat penekan asamn setiap hari tanpa batas. Ini mengurangi jumlah asam yang dibuat oleh lambungg dann sangat mengurangi kemungkinan tukakk terbentuk lagi.

Bagaimana dengan operasi?

Di masa lalu, operasi biasanya diperlukan untuk mengobati sakit maagh. Ini terjadi sebelum ditemukan bahwa infeksih H. pylori adalah sebab sebagian besar sakit maagh, dann sebelum obat penekan asamn modern tersedia. Pembedahan sekarang biasanya hanya diperlukan jika komplikasi tukakk lambunggg berkembang, seperti pendarahan hebat atau lubang (perforasi).

Apa yang terjadi setelah perawatan?

Gastroskopi berulang (endoskopi) biasanya disarankan beberapa minggu setelah perawatan selesai. Ini terutama untuk memeriksa apakah maagh telah sembuh. Juga untuk memastikan dua kali lipat bahwa 'maagh' itu bukan sebab kanker perutt. Jika maagh kamu disebabkan oleh H. pylori maka tes disarankan untuk memastikan bahwa infeksih H. pylori telah hilang. Ini dilakukan setidaknya empat minggu setelah rangkaian terapi kombinasi selesai.

Apa yang menjadi sebab sakit maagh ?

perutt kamu biasanya menghasilkan asamn untuk membantu pencernaan makanan dann membunuh kuman (bakteri). asamnm ini bersifat korosif, sehingga beberapa sel di lapisan dalam lambungg dann bagian pertama ususs (ususs kecil) yang dikenal sebagai duodenum menghasilkan penghalang lendir alami. Ini melindungi lapisan lambungg dann duodenum.

Biasanya ada keseimbangan antara jumlah asamn yang kamu buat dann penghalang pertahanan lendir. Ulkus dapat berkembang jika ada perubahan dalam keseimbangan ini, memungkinkan asamn untuk merusak lapisan lambungg atau duodenum. sebab antara lain sebagai berikut:

infeksih H. pylori

infeksih H. pylori adalah sebab sekitar 8 dari 10 kasus tukakk lambunggg. Lihat selebaran terpisah yang disebut Helicobacter Pylori untuk informasi lebih lanjut.

Obat anti-inflamasi - termasuk aspirin

Obat anti-inflamasi kadang-kadang disebut obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID). Obat gangguan pencernaan tertentu kadang-kadang digunakan bersamaan dengan NSAID untuk mencegah maagh.

sebab dann faktor lainnya

sebab lain jarang terjadi. Misalnya, beberapa infeksih virus dapat sebab tukakk lambung. penyakitt Crohn dapat sebab tukakk lambunggg selain masalah ususs lainnya.

Tes apa yang ada untuk sakit maagh?

Tes utama yang kemudian digunakan untuk mendiagnosis tukakk lambung adalah sebagai berikut:
  1. Tes untuk mendeteksi kuman H. pylori (bakteri) biasanya dilakukan jika kamu menderita sakit maagh. Bakteri H. pylori dapat dideteksi dalam sampel tinja (feses), atau dalam 'tes napas', atau dari tes darah, atau dari sampel biopsi yang diambil selama gastroskopi. Lihat selebaran terpisah yang disebut Helicobacter Pylori untuk lebih jelasnya.
  2. Gastroskopi (endoskopi) adalah tes yang dapat memastikan adannya tukakk lambunggg. Gastroskopi biasanya dilakukan sebagai 'kasus harian' rawat jalan. kamu mungkin akan diberikan obat penenang untuk membantu kamu rileks. Dalam tes ini, dokter melihat ke dalam perutt kamu dengan melewatkan teleskop tipis dann fleksibel ke kerongkongan kamu (kerongkongan). Dokter kemudian akan dapat melihat peradanngan atau borok di perutt kamu.
  3. Sampel kecil (biopsi) biasanya diambil dari jaringan di dalam dann di sekitar ulkus selama gastroskopi. Ini dikirim ke laboratorium untuk dilihat di bawah mikroskop. Ini penting sebab beberapa penyakitt maagh disebabkan oleh kanker lambungg. akan tetapi, kebanyakan sakit maagh tidak disebabkan oleh kanker.

mungkin pada awalnya terlihat mirip dengan maagh. Kanker perut jarang terjadi tetapi mungkin perlu 'disingkirkan' jika kamu diketahui menderita sakit maagh.

Jika dokter kamu berpikir kamu mungkin menderita sakit maagh, tes awal akan mencakup beberapa tes darah. Tes-tes ini akan membantu untuk memeriksa apakah kamu mengalami anemia sebab pendarahan dari ulkus. Tes darah juga akan memeriksa untuk melihat apakah hati dan pankreas kamu bekerja dengan baik.

Jadi itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Penyakit Maag (Tukak Lambung), semoga bermanfaat see u next time ! salam setia Holisfons.com.

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Penyakit Maag (Tukak Lambung) "

Tikno. 7 November 2023 pukul 21.08 Hapus Komentar
Ada yang bilang stress juga memicu asam lambung. Apa benar?