Kenapa Manusia Disebut Sebagai Makhluk Holistik

TAHUKAH ANDA ??

Jika Manusia memiliki konsep untuk mencukupi kebutuhan dasarnya??? Yuk simak artikel konsep dasar manusiia yang akan kami kupas secara mendalam. Sebelum kita masuk keinti, kalian harus tau kalau manusiaa memiliki dua sudut pandang yaitu sebagai makhluk holistik dan manusia sebagai sistem.

Pixabay.com

Kenapa manusia disebut sebagai makhluk holistik yaa???

Hal itu karena manusia merupakan makhluk yang utuh dari unsur biologis, sosial dan spiritual. Disebut biologis karena manusia tersusun atas sistem organ tubuh yang digunakan untuk  mempertahankan hidupnya, mulai dari lahir, tumbang, hingga  meninggal. Dan disebut sosial, karena manusia perlu hidup bersama orang lain, saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan hidup, mudah dipengaruhi kebudayaan, serta dituntut untuk bertingkah laku sesuai dengan harapan dan norma yang ada. Serta yang dimaksud spiritual adalah manusia memiliki keyakinan, pandangan hidup, dan dorongan hidup yang sejalan dengan keyakinan yang dianutnya

Kenapa manusia sebagai sistem??

Hal itu karena Manusia sebagai sistem terdiri atas sistem adaptif, personal, interpersonal, dan sosial.

-Sistem adaptif: Proses perubahan individu sebagai respons terhadap perubahan lingkungan yang dapat mempengaruhi integritas atau keutuhan.

Sistem personal: manusia memiliki proses persepsi dan bertumbuh kembang.

-Sistem interpersonal: manusia dapat berinteraksi, berperan dan berkomunikasi terhadap orang lain.

-Sistem sosial: manusia memiliki kekuatan dan wewenang dalam pengambilan keputusan di lingkungannya, baik dalam keluarga, masyarakat maupun lingkungan pekerjaan.

Mungkin sebagian orang sudah tahu bahwa Kebutuhan dasar manusia yang paling penting untuk mempertahankan hidup dan kesehatan adalah makan, air, keamanan, dan kesehatan. Tapi tahuakan anda kalau kebutuhan dasar manusia memuat 5 hal yang harus dipenuhi??? Tidak hanya kebutuhan fisiologis saja, namun ada keselamatan dan keamanan, cinta dan rasa memiliki, harga diri, dan aktualisasi diri. Dari 5 itu harus tercukupi semua yaaa.! Yuk simak dan lebih kenali diri anda JJJ

5 kebutuhan dasar yang harus dipenuhi menurut maslow.

*Kebutuhan fisiologis (kebutuhan paling dasar). Kebutuhan ini biasanya meliputi :

-Oksigen

-Cairan

-Nutrisi

-Temperature

-Eliminasi

-Tempat tinggal

-Istirahat

-Seks,dll.

*Kebutuhan keselamatan dan rasa aman

Kebutuhan ini meliputi 2 hal, yaitu :

-Keselamatan fisik : yaitu kedaan dimana kita mengurangi atau mengeluarkan ancaman pada tubuh atau kehidupan. Misalnya penyakit, kecelakaan, bahaya, pemajanan terhadap lingkungan, dll.

-Keselamatan psikologis : yaitu keadaan dimana kita merasa terancam terhadap pengalaman baru atau yang kita tidak kenal. Misalnya pada saat kamu pindah rumah, maka otomatis kamu berada dilingkungan yang baru. Dan kamu merasa terancam dalam beradaptasi dengan sosial atau lingkungan.

*Kebutuhan cinta dan rasa memiliki

Kebutuhan ini biasanya meningkat setelah kebutuhan fisiologis dan keselamatan terpenuhi. Bila individu merasa aman dan selamat mereka mempunyai waktu dan energi untuk mencari cinta dan rasa memiliki. Misalnya :

-Memberikan dan menerima cinta dan kasih sayang,

-Membutuhkan teman hidup dan bergaul,

-Membutuhkan hub interpersonal dan kasih sayang,

-Membutuhkan peran yg memuaskan,

-Membutuhkan perlakuan yang halus,

-Membutuhkan kebersamaan,

-Membutuhkan pergaulan yg intim, dll.

*Kebutuhan penghargaan dan harga diri

Kebutuhan ini berhubungan dengan keinginan terhadap kekuatan, pencapaian, rasa cukup, kompetensi, rasa percaya diri, dan kemerdekaan. Misalnya menghargai diri sendiri, menghargai orang lain, dihargai oleh orang lain, kebebasan yang mandiri, prestise, dikenal dan diakui, serta penghargaan.

Manusia juga membutuhkan penghargaan dan apresiasi dari orang lain. Bila hal itu terpenuhu seseorang merasa percaya diri dan berguna. Bila tidak terpenuhi seseorang merasa tidak berdaya dan rendah diri.

*Kebutuhan aktualisasi diri.

Aktualisasi diri merupakan tingkat kebutuhan yang paling tinggi dalam hakikat kebutuhan dasar manusia (menurut Maslow). Pada saat manusia sudah memenuhi seluruh kebutuhan pada semua tingkatan yang lebih rendah, melalui aktualisasi diri dikatakan bahwa mereka mencapai potensi yang paling maksimal.

Manusia yang teraktualisasi dirinya akan memiliki kepribadian multidimensi yang matang, mampu mengonsumsi dan menyelesaikan tugas dengan banyak, dan mencapai pemenuhan kepuasan dari pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.

Biasanya orang yang aktualisasi dirinya terpenuhi, mereka tidak tergantung secara penuh pada opini lain mengenai penampilan, kualitas kerja, dan metode penyelesaian masalah. Walaupun mungkin secara umum menghadapi secara realistis. Contoh dari kebutuhan aktualisasi diri, antara lain :

-Kebutuhan pengenalan diri sendiri

-Penerimaan diri sendiri

-Kenyataan diri sendiri

-Hubungan interpesonal yang mendalam

-Penghargaan diri sendiri

-Pemenuhan diri sendiri

-Persepsi yg sehat dan realistis

Kesimpulan :

Jadi kesimpulan pada artikel kali ini adalah pembaca dapat mengetahui tentang mengapa manusia adalah makhluk holistik dan sistem, selain itu pembaca dapat mengetahui kebutuhan dasar manusia yang wajib banget dipenuhi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi penulis dan para pembaca. Terimakasih.

Nah itulah pembahasan mengenai Kenapa Manusia Disebut Sebagai Makhluk Holistik, semoga bermanfaat see u next time.

Posting Komentar untuk "Kenapa Manusia Disebut Sebagai Makhluk Holistik"