Penyebab Gagal Jantung

Gagal jantung—penyebab dan cara pengobatan

Hallo sobat sehat, diartikel kali ini kami akan membahas tentang gangguan gagal jantung.  

Pixabay.com

Apakah anda tahu apa itu gagal jantung???


Gagal jantung merupakan kondisi dimana ketidakmampuan jantung untuk memompa darah dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan jaringan terhadap nutrien dan oksigen. Biasanya gagal jantung ditandai dengan sesak nafas dan fatik ketika istirahat ataupun disaat kita beraktivitas.

 

Apakah gagal jantung berbahaya ???

 

Biasanya gagal jantung merupakan faktor komplikasi yang wajib diwaspadai. Karena biasanya gagal jantung kongestif adalah henti jantung yang mendadak. Ketika fungsi jantung terganggu dan tidak tertangani, lama kelamaan kinerja jantung akan mengalami penurunan drastis dan berisiko mengalami henti jantung mendadak.

 

Apakah gagal jantung bisa sembuh ???

 

Pada sebagian besar kasus, gagal jantung merupakan kondisi seumur hidup yang tidak bisa disembuhkan sepenuhnya. Sehingga pengobatan yang dilakukan hanya untuk mencegah kondisi penyakit memburuk serta mengontrol gejala selama mungkin.

 

Penyebab gagal jantung???

 

Secara umum, penyebab gagal jantung adalah Kerusakan atau penyakit otot jantung. Biasanya mencakup apapun yang menyebabkan peningkatan volume plasma sampai derajat tertentu sehingga volume diastolik akhir meregangkan serat-serat ventrikel melebihi panjang optimumnya. 

 

Penyebab tersering adalah cedera pada jantung itu sendiri yang memulai siklus kegagalan dengan mengurangi kekuatan kontraksi jantung. 

Penyebab gagal jantung yang terdapat di jantung antara lain:

-Disfungsi miokard (kegagalan miokardial).

-Beban tekanan berlebihan-pembebanan sistolik (systolic overload)

Beban volume berlebihan-pembebanan diastolik (diastolic overload) preload yang berlebihan dan melampaui kapasitas ventrikel (diastolic overload) yang akan menyebabkan volume dan tekanan pada akhir diastolik dalam ventrikel meninggi.

-Peningkatan kebutuhan metabolik yaitu peningkatan kebutuhan yang berlebihan(demand overload).

Beban kebutuhan metabolik meningkat melebihi kemampuan daya kerja jantung dimana jantung sudah bekerja maksimal,maka akan terjadi keadaan gagal jantung walaupun curah jantung sudah cukup tinggi tetapi tidak mampu memenuhi kebutuhan sirkulasi tubuh.

-Gangguan pengisian (hambatan input).

Hambatan pada pengisian ventrikel karena gangguan aliran masuk ke dalam ventrikel atau pada aliran baik vena/venous return akan menyebabkan pengeluaran atau output ventrikel berkurang dan curah jantung menurun.

-Kelainan otot jantung.

Gagal jantung yang paling sering terjadi pada penderita kelainan otot jantung, menyebabkan menurunnya kontraktilitas jantung.

-Aterosklerosis koroner.

Mengakibatkan disfungsi miokardium karena terganggunya aliran darah ke otot jantung. Terjadi hipoksia dan asidosis (akibat penumpukan asam laktat).

-Hipertensi sistemik/pulmonal.

Meningkatkan beban kerja jantung dan pada gilirannya mengakibatkan hipertrofi serabut otot jantung.

Peradangan dan penyakit miokardium.

Berhubungan dengan gagal jantung karena kondisi ini secara langsung merusak serabut jantung, menyebabkan kontraktilitas menurun.

-Penyakit jantung.

Penyakit jantung lain seperti stenosis katup semilunar,tamponade perikardium, perikarditis konstruktif, stenosis katup AV.

-Faktor sistemik.

Seperti hipoksia dan anemia yang memerlukan peningkatan curah jantung untuk memenuhi kebutuhan oksigen sistemik. Hipoksia atau anemia juga dapat menurunkan suplai oksigen ke jantung. Asidosis dan abnormalitas elektrolit juga dapat menurunkan kontraktilitas jantung.

Semua situasi diatas dapat menyebabkan gagal jantung kiri atau kanan.

 

Bagaimana cara pengobatannya ???/

Berikut cara pengobatan penyakit gagal jantung, antara lain :

 

-Konsumsi obat

 seperti obat penghambat reseptor angiotensin atau ARB, obat penghambat beta seperti diuretik, dan obat penghambat enzim pengubah angiotensin atau ACE inhibitor.

-Menjalani operasi katup jantung.

Jika penyakit gagal jantung disebabkan oleh kerusakan pada katup jantung, operasi ini dapat dilakukan. Ada dua jenis operasi katup jantung, yaitu operasi untuk memperbaiki katup dan operasi untuk mengganti katup.

-Menjalani operasi transplantasi jantung.

Operasi ini dilakukan jika penanganan gagal jantung dengan obat-obatan serta operasi lainnya tidak menemui hasil. Melalui operasi transplantasi, jantung pengidap yang sudah rusak diganti dengan jantung yang didapat dari donor.

Itulah artikel mengenai Penyebab Gagal Jantung semoga bermanfaat, see u next time !

Posting Komentar untuk "Penyebab Gagal Jantung"