Cara Untuk Mengetahui Kepribadian Orang Lain "Holistick"

Hallo sahabat sehat. Kali ini mimin mau bahas cara belajar mengetahui kepribadian orang lain. Tahu kah anda, jika anda mengetahui kepribadian anda sendiri, maka kalian bisa mengetahui faktor resiko penyakit yang diderita???

peixabay.com

Penasaran cara belajar mengetahui kepribadian orang lain??? jangan lupa disimak selalu!!!

Nah guys, menurut Alwisol (2004), mengemukakan kepribadian berasal dari kata *personality* dalam bahasa Inggris, yang berasal dari bahasa Yunani-Kuno prosopon, yang artinya ‘topeng’ yang biasa dipakai artis dalam teater.

Konsep awal dari pengertian personality (pada masyarakat awam) adalah perilaku yang ditampakkan ke lingkungan sosial atau kesan mengenai diri yang diinginkan agar dapat dipahami oleh lingkungan sosial. Personality menjadi istilah ilmiah, sehingga pengertiannya berkembang menjadi lebih bersifat internal, sesuatu yang relatif permanen akan menuntun, mengarahkan, dan mengorganisir aktivitas manusia.

Ada beberapa kata atau istilah yang oleh masyarakat diperlakukan sebagai sinonim kata personality, Istilah yang berdekatan maknanya itu antara lain :

Personality (kepribadian)

Character (karakter)

Disposition (watak)

Temperament (temperamen)

Traits (sifat)

Type-atribute (ciri)

Habit (kebiasaan)

Batasan Kepribadian

Dari batasan kepribadian, dapat diketahui bahwa :

Kepribadian itu dinamis yang artinya dapat berubah seiring dengan tidak ada perubahan waktu dan situasi.

Kepribadian itu unik yang berarti tidak ada yang sama antara orang yang satu dengan yang lainnya, walaupun terlahir sebagai anak kembar. Jadi, ada perbedaan individual yang perlu memperoleh apresiasi.

Kepribadian itu berkenaan dengan kenyataan yang bersifat biologis, psikologis, dan sosial.

Ciri Mudah Mengenali Kepribadian

Hipocrates membagi kepribadian menjadi empat tipe menurut nama cairan yang memengaruhinya, yaitu :

Melankolik dipengaruhi oleh empedu hitam dengan cirinya adalah murung dan depresi.

Sanguinis dipengaruhi oleh darah dengan cirinya gembira dan optimistic.

Kholerik dipengaruhi oleh empedu kuning dengan ciri orangnya mudah marah.

Phlegmatik dipengaruhi oleh cairan lendir dengan cirinya adalah orangnya biasanya tenang, lamban, dan tidak mudah dirangsang.

Gangguan kepribadian

Gangguan kepribadian biasa muncul akibat dari perkembangan kepribadian yang tidak matang dan mmenyimpang dari keadaan yang ada. Supratika (2001) mengemukakan kelompok gangguan utama dalam kategori ini adalah seseorang yang mengalami gangguan kepribadian memiiki ciri sebagai berikut :

Hubungan ppribadinya dengan orang lain terganggu daam arti sikap dan periakunya cenderung merugikan orang lain.

Memandang bahwa semua kesulitannya disebabkan oleh nasib buruk atau perbuatan jahat orang lain, sehingga tidak pernah memiiki rasa bersalah.

Tiak memiiki rasa tanggung jab terhadap orang lain, yaitu : manipulate atau senang menakali, mementingkan diri sendiri dan tidak pernah menyesal telah mencelakakan orang lain.

Ia tidak dapat meleepaskan diri dari perilakunya yang maladapdi itu

Selalu menghindari tanggung jawab atas masalah-masalah yang ia timbulkan

Jenis Gangguan Kepribadian

Ada berbagai jenis gangguan kepribadian diantaranya :

Kepribadian paranoid dengan ciri tertentu seperti serba curiga, sangat perasa, rigiditas atau kaku mudah iri hati sangat egois, argumentatie, suka menyalahkan orang lain dan menuduh orang lain jahat..

Kepribadian schizoid : Memiliki ciri khas tidak mampu dan menghindari menjalin hubungan social, terkesan dingin dan tidak akrab, serta tidak terampil bergaul dan suka menyendiri.

Keribadian skizotipe Cirinya adalah suka menyendiri, menghindari orang ain, egosentrik dan dihantui oeh pikian auustistik yaitu pikiran-pikiran yang tidak dapat dimengerti oleh orang lain seain dirinya sendiri dengan takhayul-takhayunya..

Kepribadian histrionic : Merupakan kepribadian yang tidak matang, emosinya labil, haus akan hal-hal yang serba menggairahkan (excitement), senang mendramatisasi diri secara berlebihan untuk mencari perhatian, penyesuaian seksual dan hubungan pribadi kacau, tergantuung, tak berdaya dan udah ditipu, egois congkak, sangat haus akan pengukuhan orang lain, sangat reaktif, picik dan tidak tulus..

Kepribadian narsistik : Orang yang mengaami gangguan kepribadian seperti ini haus akan perhatian dari orang ain, selalu menuntut pperhatian dan perakuan istimea dari orang ain, harga diri rapuh, serta ekploitatif

Kepribadian antisosial (Psikopatik) : Memiliki ciri perkembangan mora terlambat, tidak mampu mengikuti perbuatan-perbuatan yang diterima masyarakat, dan tidak mampu mengembangkan kesetiaan pada orang, kelompok maupun nilai social yang berlaku sehingga sering bentrok dengan masyarakat. Gangguan ini sering pula disebut kepribadian sosiopatik

Sumber : ahli madya jamu

Nah guys, diartikel kali ini kita membahas tentang cara mengetahui kepribadian orang lain secara garis besarnya dengan detail. Jika kalian mempelajari dengan sangat serius, pelan, dan optimis, insyaallah artikel ini sangat membantu sekali.

Jangan lupa kepoin artikel lainnya tentang kesehatan holistik, hanya di holisfons.com

Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya J 

Posting Komentar untuk "Cara Untuk Mengetahui Kepribadian Orang Lain "Holistick""